MLM Eco Racing Penipuan Berkedok Money Game! Benarkah itu?

Know Your Business | 24-02-2021

Benarkah MLM Eco Racing Penipuan Yang Berkedok Money Game???

Eco racing penipuan yang berkedok Money game, Akhir-akhir ini telah berjamur media-media online yang tidak resmi di Indonesia dengan tujuan tertentu. Berkat kecanggihan teknologi dan berbekal jaringan internet, oknum-oknum media ini dengan sengaja menciptakan berita di lingkungan masyarakat awam dan menyebarkan berita yang belum terbukti kebenarannya.

            Dengan menggandeng situs web berdomain (.com), banyak media online mengupas seluruh piihak yang mereka anggap “tidak baik”. Sayangnya, informasi yang diberikan merupakan analisa pribadi (penulis) dan tidak mencantukam sumber valid terhadap data-data yang mereka dapatkan.

Selain itu, pemilihan kata dalam artikel di dalamnya seakan mengajak pembaca memikirkan apa yang mereka pikirkan. Tidak ada aturan Kamus Besar Bahasa Indonesia, tidak ada etika jurnalistik, media ini mencari untung di tengah “viral”-nya suatu isu.

            Tidak jarang pula, analisa pribadi ini berisi ajakan-ajakan penulis kepada pembaca untuk “membaca lebih” artikel-artikel mereka. Dengan memanfaatkan rasa penasaran dan kecurigaan pembaca, penulis dalam media ini mengajak pembaca untuk “klik” lagi. Jadi, ketika Anda melakukan  lebih banyak “klik” judul artikel dalam sebuah situs online, sadarlah, Anda sedang dimanfaatkan demi  meningkatkan rating situs tersebut.

Mengapa Mereka Melakukan Cara Seperti Ini?

            Sebagai pengguna internet yang cukup tinggi, Indonesia memiliki potensi dalam menguntungkan pelaku usaha digital. Terhitung sebanyak 64,8% dari 294,16 juta jiwa penduduk Indonesia adalah pengguna internet aktif. Angka ini merupakan angka yang cukup tinggi jika dalam satu situs dikunjungi sebanyak seluruh pengguna internet di Indonesia. Karena itu, harga slot iklan di situsnya akan tinggi.

            Jadi, atas dasar inilah, mengapa di Indonesia, penyebar hoax masih cukup tinggi. Mereka secara tidak sadar menyebarkan “pembodohan” demi meraup keuntungan yang terus meningkat. Apa yang mereka tulis kadang bersifat provokatif dan mengompori suatu keadaan agar semakin panas, sebenarnya hanyalah kunci agar “judul artikel” mereka mendapat lebih banyak klik dan kemudian semakin kaya.

            Jika Anda terus mempercayai media ini, dan bahkan menyebarkan berita-berita-nya, maka Anda telah turut menyebarkan hoax di lingkungan Anda sendiri. Anda hanya memperkaya seorang provokator.

Eco Racing Penipuan, Usaha yang Merugikan. Anda Percaya?

eco racing penipuan

            Isu ini menjadi semakin panas ketika produk Eco Racing yang berada di bawah perusahaan PT. BEST (Bandung Eco Sinergy Teknologi) “digosipkan” merugikan para mitra bisnisnya. Dalam satu situs, seperti bisnisdibahas.com, Eco Racing Penipuan dan Eco Racing dianggap hanya mempermainkan mitranya karena penulis “menganalisa” bahwa produk Eco Racing tidak laku di pasaran, melalui satu perusahaan e-commerce terhadap harga yang mereka cantumkan. Dan tidak sedikit ungkapan Eco Racing Penipuan berkedok Money Game.

            Selain itu, penulis menggunakan postingan-postingan pendiri PT. BEST (Bandung Eco Sinergy Teknologi) sebagai “bahan” tulisannya.  Jika Anda melihat “isi” dari artikel-artikel tersebut, penulis cenderung menggunakan teknik cocoklogi atau mencocokkan apa yang terjadi antara satu hal terhadap hal lainnya. Penulis secara jelas menggiring opini pembaca untuk mempercayai apa yang mereka pikirkan, bukan fakta yang sesungguhnya terjadi, seperti pernyataan polisi, MUI, atau pihak-pihak terpercaya lainnya.

            Lantas, apa yang Anda bisa percayai? Sekali lagi, jangan mudah dikelabui. Informasi yang disebarkan tanpa verifikasi pihak-pihak terkait dan resmi, merupakan ciri sebuah informasi hoax.

Apakah Multi Level Marketing (MLM) sama dengan Money Game?

            Perlu Anda ketahui sebelumnya, bahwa teknik pemasaran Multi Level Marketing merupakan teknik yang menggunakan teknik direct selling (pemasaran secara langsung). Mudahnya, pernahkah Anda didatangi seorang sales suatu produk, padahal Anda tidak berada dalam suatu tempat pembelanjaan? Apakah sales tersebut menawarkan barang yang sebenarnya tidak Anda butuhkan? Mengapa mereka mendatangi Anda dan menjelaskan produk-produknya? Jawabannya jelas, itulah teknik direct selling.

            Teknik direct selling ini dapat dilakukan dengan berbagai cara. Pertama, melalui Sales Promotion Girl (SPG) dalam suatu toko. Kedua, melalui sales yang mendatangi calon customer-nya. Ketiga, melalui teknik Multi Level Marketing (MLM), seperti yang Anda sering dengar saat ini.

            Multi Level Marketing (MLM) sebenarnya bertujuan agar suatu produk dapat menyebar di lingkungan masyarakat melalui masyarakat itu sendiri dan dengan kualitas asli. Selain itu, teknik MLM ini dapat membantu masyarakat yang sulit mendapatkan kerja agar mampu mandiri secara finansial melalui rekrut anggota. (detikFinance.com)

            Lalu, apakah MLM adalah money game? Tentu tidak! Money game memiliki ciri khas, yaitu fokus pada perekrutan anggota, bukan penjualan barang. Tidak jarang, mitra-nya tidak mengerti barang yang mereka jualkan, alias tidak ada kejelasan.

Sedangkan, MLM fokus pada penjualan barang, dibarengi perekrutan anggota. Jadi yang dimaksudkan di sini adalah, teknik MLM Eco Racing pasti memberikan bonus bagi mereka yang berhasil mencari mitra baru, tapi fokus utama tetap pada penjualan produk, kualitas produk, dan inovasi produk.

Ini dilihat dari inovasi Eco Racing yang dulunya hanya berupa octan booster, kemudian berinovasi dengan meluncurkan Eco Racing Nano Oil, dan Eco Diesel. Inovasi-inovasi ini merupakan bentuk keseriusan PT. BEST (Bandung Eco Sinergy Teknologi) dalam meluncurkan produknya.

Selain itu, jika dibawa secara logika, Eco Racing yang telah menerima legalitas di mata hukum dan dibuktikan oleh berbagai pihak, apakah standarnya pantas diragukan? Masih pantaskah anda membaca konten yang menuliskan eco racing penipuan berkedok money game?

footer-frame