Media Abal-Abal Beritakan Eco Racing Hoax, Percayakah Anda??

Know Your Business | 24-02-2021

Mengujar Kebencian tentang MLM, Waspada Media Penyebar Hoax!

            Banyak situs yang menuliskan Eco Racing Hoax karena menggunakan sistem Multi Level Marketing atau sering disingkat MLM, mungkin tidak asing di telinga Anda. Benar saja, karena akhir-akhir ini kerap menerima cap buruk di masyarakat. Selain itu, tindakan pemasaran ini dianggap “haram” oleh sebagian pihak karena memiliki potensi merugikan pihak lain dan mengandung unsur permainan uang (money game). Namun, Anda tidak semudah itu dipermainkan “gosip”, kan?

            Karena beredarnya gosip di masyarakat, kebenaran menjadi buram dan semakin tidak jelas. Tidak jarang, informasi yang beredar di masyarakat dan kebenaran yang sesungguhnya bertolak belakang. Bahkan, sering kali apa yang beredar di masyarakat dianggap sesuatu yang benar, bukan kebenaran yang sebenar benarnya.

            Misal, kegiatan pemasaran Multi Level Marketing (MLM) yang digunakan beberapa perusahaan, salah satunya PT. BEST (Bandung Eco Sinergy Technology) yang memiliki produk Eco Racing, LVN, dan berbagai produk lainnya. Berbagai status, dan opini dimuat dalam website  maupun sosial media yang beredar saat ini. Ada yang bilang eco racing hoax, ada yang bilang eco racing penipuan, ada yang bilang eco racing bisnis haram dllnya. Namun, di sisi lain, ada pula yang tidak membenarkan kejadian demi kejadian tersebut. Kemudian, apa yang harus Anda lakukan jika berada pada posisi tersebut?

            Tentu saja, titik pertama yang harus dilakukan adalah berpikir jernih dan seobjektif mungkin. Mengapa ada pemberitaan sedemkian rupa? Siapa yang menyebarkan? Media apa yang meliput? Bagaimana “mereka” mengolah data dan dari mana data tersebut diambil? Anda, sebagai masyarakat yang mau tak mau telah tenggelam dalam arusnya informasi di dunia digital ini harus berpikir kritis dann melakukan verifikasi dua kali, seperti mengecek kebenaran.

 

Bagaimana Cara Mencegah Termakan Berita Hoax?

Kemudian, jika Anda telah mampu memposisikan diri sebagai “pembaca cerdas”, langkah selanjutnya Anda harus melakukan segala verifikasi terhadap suatu informasi. Bagaimana cara mengecek kebenaran suatu informasi di internet? Menurut, Kementrian Komunikasi dan Informasi Negara Kesatuan Republik Indonesia, Anda dapat menangkal hoax dengan beberapa cara, seperti:

  1. Media/situs online tidak memiliki keterangan lokasi atau kantor
  2. Media/situs online tidak memiliki keterangan kontak yang dapat dihubungi (nomor telepon, email, atau semacamnya)
  3. Media/situs online tidak mencantumkan peraturan resmi atau legalitas dalam menyebarkan informasi
  4. Informasi yang disebarkan bersifat menghasut, dan ujaran kebencian
  5. Informasi yang dipilih adalah informasi publik (membahas suatu isu/gosip), bukan membahas produk jualan milik pribadi (makeover.com, pertamina.com, ultimaii.id)
  6. Informasi yang disebarkan tidak mengandung unsur jurnalistik 5W +1H (what, when, why, who, where, dan how)

Jadi, jika Anda membaca suatu berita atau artikel di beranda pencarian seperti google, pastikan memiliki seluruh unsur di atas agar tidak termakan informasi hoax atau provokatif. Selain itu, hindari situs opini, seperti wordpress.com, blogspot.com, yang tidak memiliki aturan dalam mengunggah artikel-artikelnya.

Bagaimana dengan berita Eco Racing Hoax? Apa bisa Dipercaya?

eco racing hoax

            Hukum pertama yang harus Anda ketahui adalah Eco Racing memiliki lokasi kantor tetap. Selain itu, Eco Racing di bawah naungan PT. BEST (Bandung Eco Sinergy Technology) telah mengantongi legalitas resmi dari pemerintah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Disamping itu, produk-produk PT. BEST, seperti Eco Farming, Eco Racing, dan sejenisnya telah diliput oleh media-media resmi di Indonesia, seperti TV One, JTV, TVRI, detik.com, bahkan media cetak, sekelas koran.

            Mari kita berpikir secara logika, jika suatu produk ilegal atau tidak resmi di mata hukum, lantas mengapa media-media resmi besar di Indonesia masih mau mengulas dan memberitakan produk tersebut? Anda tahu jawabannya. Jelas karena produk tersebut dapat dipercaya. Dan tentunya bukanlah eco racing hoax, tetapi penyebar infonya yang penuh dengan kehoaxan.

Eco Racing Telah Diberitakan oleh Media Resmi. Lantas, Mengapa Anda Lebih Percaya Media Tidak Resmi?

            Pernyataan di atas nyata adanya. Apapun informasi yang tersebar di masyarakat, sekalipun informasi tersebut salah, maka akan jadi suatu kebenaran. Inilah yang seharusnya Anda takutkan. Bagaimana jika selama ini Anda hanya diprovokasi dan dikompori menggunakan media internet dan analisa pribadi tanpa melewati tahap editorial seperti media resmi lakukan?

            Eco Racing yang sempat menjadi pembicaraan hangat di “kelompok-kelompok hatters” dari mulut ke mulut, tersebar dengan berlandaskan kalimat “katanya”, alias gosip. Padahal, disamping panasnya gosip-gosip tersebut, telah berdiri media resmi yang seharusnya mampu menjadi sumber verifikasi berita “katanya” tersebut.

            Seperti yang dilakukan oleh detik.com. Perusahaan media online nasional yang berdomisili di Jakarta ini meginvestigasi sendiri keberadaan Eco Racing dalam dunia bisnis. Seperti yang dilaporkan dalam berita pada 14 November 2019, Eco Racing mendapat pernyataan langsung dari Ketua Tim Satgas Waspada Investasi, Tongam Lumban Tobing.

            “PT. BEST sudah dapat izin SIUPL (Surat Izin Usaha Penjualan Langsung) dari Kemendag (Kementrian Perdagangan) pada 2018 lalu dan kami terus mengawasi kegiatan mereka,” pernyataan Ketua Tim Satgas Waspada Investasi, Tongam Lumban Tobing ketika didatangi tim detik.com.

            Pernyataan Tongan Lumban Tobing tersebut dapat Anda telurusi sendiri ketika mengetik “Eco Racing” di mesin mencari google. Transparansi atas kepercayaan Anda terhadap kegiatan MLM Eco Racing sama halnya dengan kegiatan asuransi, ataupun produk kecantikan sekelas Oriflame.

Multi Level Marketing merupakan teknik pemasaran produk yang digunakan perusahaan dalam mendekatkan diri pada calon konsumennya. Selain itu, MLM bertujuan agar produk yang sampai di tangan konsumen merupakan produk asli. Disamping itu pula, MLM membuka peluang bagi masyarkat yang ingin bekerja dengan waktu dan pendapatan yang fleksibel.

Berdasarkan segala pembuktian di atas, apa Anda masih percaya pemberitaan ujaran kebencian tentang Bisnis Eco Racing Hoax? Buktikan bahwa Anda adalah pembaca cerdas, putuskan sekarang juga!

footer-frame